Kamis, 31 Mei 2018

Ramadhan Kareem


Indahnya Ramadhan penuh berkah, bertabur pahala sucikan diri. Sebulan penuh menjalankan ibadah puasa, meningkatkan iman tuk kembali kepada kesucian.
Jika seseorang diberi kehormatan oleh orang lain dengan ucapan ‘Ramadhan Karim’ maka hendaknya ia membalasnya dengan ucapan ‘ Allahu Akram’ -Allah maha dermawan/pemurah-. Jawaban ini patut diucapkan agar kita sadar bahwa secara hakiki hanya Allah lah dzat yang maha pemurah lagi maha darmawan atas segala anugrah yang tak terhitung selama kita hidup di dunia.
Kata ‘Karim’ yang memiliki arti darmawan dan maha pemberi ampunan seringkali diucapkan dalam doa disaat menjelang adzan magrib dan setelah sholat tarawih. Hal ini telah menjadi sebuah tradisi baik yang patut dilestarikan tidak melulu pada bulan Ramadhan, tapi disetiap waktu, baik pagi, siang, sore maupun malam.
Doa yang sangat dianjurkan oleh Nabi terkait rahasia dibalik makna ‘Karim’ adalah sebagai berikut:
Allahumma Innaka Afuwwun Karim Tuhibbul Afwa Fa’fuanna Ya Karim.
Sering-seringlah berdoa dengan doa ini, khususnya di bulan suci Ramadhan. InsyaaAllah segala dosa dan khilaf kita diampuni Allah, sehingga kelak kita termasuk golngan orang yang benar-benar kembali fitrah... Aaamiiin YRA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IKHLAS PADA SEMUA KETETAPAN

Dunia ini adalah panggung sandiwara, semua berada dalam ketetapan dan diatur oleh sutradara Yang Maha mengatur seluruh alam dan isinya.  Man...