Rabu, 02 Mei 2018

Hari Pendidikan Nasional

Cibadak, 02 Mei 2018

    Setiap Tanggal 2 Mei Bangsa Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional atau lebih dikenal dengan singkatan HARDIKNAS bertepatan dengan kelahiran sosok pejuang bangsa yaitu Bapak Ki Hadjar Dewantara yang tidak kenal lelah memperjuangkan nasib rakyat pribumi agar bisa memperoleh pendidikan yang layak.
Pada saat itu ketika masa penjajahan pemerintahan kolonial Belanda di Indonesia, terdapat kenyataan bahwa hanya mereka keturunan Belanda dan orang-orang kaya saja yang bisa memperoleh pendidikan, sedangkan rakyat pribumi sengaja dibiarkan buta huruf dan tidak bisa mengenal pendidikan.
Sebagai penghormatan atas jasa-jasa beliau memperjuangkan pendidikan bagi orang-orang pribumi yang saat itu sangat sedikit peluang untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi dan ke sekolah yang lebih baik, maka hari lahir Ki Hajar Dewantara diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional.
Salah satu Filosofi dan hasil karya Beliau seperti kutipan kalimat “Tut Wuri Hadayani” yang memiliki arti “di Belakang Memberikan Dorongan” makna dari kalimat ini dijadikan motto dan slogan pendidikan serta menjadi landasan dalam rangka memajukan pendidikan di tanah air.
Beliau wafat pada usia 70 tahun pada Tanggal 26 April 1959, berkat usaha kerja keras dan jasanya dalam rangka merintis pendidikan di tanah air, Beliau dinobatkan sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia atas dasar Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 305 Tahun 1959 pada Tanggal 28 November 1959, dan hari kelahiran Beliau ditetapkan dijadikan sebagai Hari Pendidikan Nasional Indonesia.

Bagaimana nasib bangsa ini jika pendidikan putra-putri bangsa nya masih terbelakang?

sudah pasti kita akan tetap dijajah oleh bangsa lain, hidup miskin dan tertindas.


Pendidikan menjadi pelita dalam gelap, membangkitkan semangat menjadi generasi bangsa yang lebih baik dan membangun negara menjadi negara maju dan sejahtera. 
Guru memiliki peran penting dalam pendidikan, tanpa guru pendidikan menjadi hal yang tidak berarti. Hargai tetes keringatnya, sejahterakan hidupnya maka akan sejahtera pula bangsanya...
Selamat Hari Pendidikan Nasional untuk seluruh pendidik di seluruh Indonesia..
Tetaplah mengabdi dengan ikhlas dan sepenuh hati demi generasi emas yang cerdas, Menguatkan pendidikan dan mengembangkan kebudayaan bangsa dengan bekerja secara profesional  hanya mengharap ridho Illahi Robbi.. 
Tetaplah berkarya untuk menjadi guru mulia.. 


1 komentar:

IKHLAS PADA SEMUA KETETAPAN

Dunia ini adalah panggung sandiwara, semua berada dalam ketetapan dan diatur oleh sutradara Yang Maha mengatur seluruh alam dan isinya.  Man...